Kamis, 27 Juni 2013

Pertanda Mual Setelah Makan
Mual merupakan sebuah gejala yang membuat rasa tidak nyaman. Tidak jarang mual diikuti dengan muntah dan pusing. Meskipun terkesan bukan suatu penyakit berat, namun jika terjadi mual apalagi setelah makan, perlu menjadi perhatian karena pasti ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh seseorang. Sehingga timbul pertanyaan: bahaya mual setelah makan pertanda apa?
Makan pasti melibatkan sistem pencernaan. Setelah makanan masuk ke dalam kerongkongan, selanjutnya akan dicerna di dalam lambung. Nah, pada kondisi makanan masih di dalam lambung inilah rasa mual dan terkadang diikuti dengan muntah dapat terjadi. Mual setelah makan penyebabnya bisa beragam, sehingga hal tersebut merupakan indikasi dari berbagai keluhan berikut ini:
1.    Adanya radang pada organ lambung atau yang biasa disebut dengan gastritis. Peradangan pada lambung bisa terjadi akibat lambung mengalami iritasi karena produksi asam lambung berlebihan. Selain itu, iritasi juga dapat disebabkan oleh bebrapa jenis makanan yang bersifat asam atau pedas.
2.    Tukak pada lambung serta berbagai jenis luka dapat menimbulkan nyeri yang berujung rasa mual. Luka lambung disebut juga dengan istilah ulkus peptikum. Pada kasus maag kronis sering diikuti luka. Luka ini salah satunya juga diakibatkan kelebihan asam pada lambung yang selanjutnya mengiritasi dinding lambung. Iritasi parah menimbulkan luka pada dinding lambung.
3.    Terjadinya penolakan zat kimia tertentu oleh sistem pencernaan seperti yang terjadi pada kasus keracunan makanan juga dapat menyebabkan timbulnya rasa mual. Sehingga jika ada pertanyaan bahaya mual setelah makan pertanda apa, dapat dijawab bahwa sebagian besar mual tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada lambung dan saluran cerna.
4.    Mual setelah makan juga bisa menjadi pertanda adanya kehamilan usia dini. Pada umumnya di trimester pertama terjadi morning sickness di mana ibu hamil merasa mual-mual di pagi hari dan tidak jarang disertai dengan muntah. Morning sickness dirasakan oleh hampir sepertiga ibu hamil.
Jadi sekarang sudah dapat diketahui jawaban dari pertanyaan bahaya mual setelah makan pertanda apa? Maka waspadalah bila terjadi mual setelah makan, ketahui dan segera cari solusinya dengan menghubungi dokter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar